www.AlvinAdam.com

Berita 24 Jambi

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Pilkades Sungai Penuh - Enam Desa Rawan Ricuh, Keamanan Diperketat

Posted by On 04.59

Pilkades Sungai Penuh - Enam Desa Rawan Ricuh, Keamanan Diperketat

Pilkades

Pilkades Sungai Penuh - Enam Desa Rawan Ricuh, Keamanan Diperketat

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 19 desa di Kota Sungai Penuh digelar pada 29 Oktober mendatang. Saat ini proses tahapan

Pilkades Sungai Penuh - Enam Desa Rawan Ricuh, Keamanan DiperketatTRIBUN JAMBI/HENDRI DEDE PUTRAPelaksanaan pilkades

TRIBUNJAMBI.COM, SUNGAI PENUH - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 19 desa di Kota Sungai Penuh digelar pada 29 Oktober mendatang. Saat ini proses tahapan Pilkades sudah dimulai. Namun menurut keterangan dari Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMPD) Sungai Penuh ada beberapa desa yang masuk kategori rawan sengketa Pilkades. Sehingga memerlukan pengamanan yang ekstra serta netralitas dari panitia.

Kabid Pemerintahan desa (Pemdes) Kota Sungai Penuh, Zaini mengatakan saat ini tahapan di desa telah melakukan pengundian nomor urut calon Kades. Memang sebelumnya ada beberapa desa yang lebih dari 5 orang calon. Sehingga pihaknya melakukan seleksi uji. "Kemarin ada yang lebih 5 calon kades sudah dites kembali dan dikembalikan ke desa. Kini sudah mulai tahapan semua, mulai nomor urut," jelasnya Rabu (18/10).

Dia mengatakan setelah itu dilakukan proses pencetakan surat suara. Pihaknya sebagai fasilitator dalam hal ini menjamin kerahasiaan.

"Setelah itu akan dilakukan aksi damai, mnunggu waktu yang tepat," ujarnya.

Dia mengatakan untuk anggaran Pilkades dari desa bebeda sesuai kebutuhan, paling kecil desa Muara Jaya Kecamatan Kumun - Debai sebesar Rp10 juta sedangkan anggaran yang paling tinggi Rp20 juta. "Karena kadang di desa lah ado fasilitas, misalnya kursi, tenda j adi dak perlu lagi disewa," bebernya.

Menurut Zaini, berdasarkan pantauan pihaknya dan kepolisian ada beberapa desa yang masuk kategori rawan sengketa Pilkades. Pihaknya pun intens melakukan koordinasi dengan Polres, Kodim termasuk Sat Pol-PP. Bahkan nantinya setiap TPS minimal 3 orang aparat kepolisian akan melakukan pengamanan, ini diluar dari pengamanan Satpol PP atau dari Babinsa, Kodim.

Dikatakan Zainai asa 6 desa yang masuk kategori rawan. "Ada sekitar 6 desa yang rawan seperti di desa Koto Padang, desa Dujung Sakti, desa koto Baru, dan ada tiga desa lagi," katanya

Untuk itu pihaknya meminta panitia penyelnggara Pilkades untuk menjaga integritas.

"Ini rawan gesekan-gesakan tim. Ini kita tegaskan ke panitia atau netral. Kita perketat agar tak sampai terjadi kericuhan pada Pilkades. Jangan ada kecurangan apapun bentuknya," tandasnya

Sedangkan Kapolres Kerinci AKBP Dwi Mulyanto mengatakan aparat kepolisian Kerinci siap memberikan pengamanan Pilkades. Bahkan saat ini Kepolisiab sudah melakukan koordinaasi dan turun kelapangan ke desa-desa yang akan melakukan Pilkades.

Dari data kesiapan Pilkades Serentak Kota Sungai Penuh yang disampaikan Kapolres, memang ada 6 TPS yang kategori rawan, dan 13 TPS lainnya aman. Polres menempatkan 77 personil di TPS, ada 38 Linmas, serta ada aparT kepolisian yang dari Pam Siaga Polda Jambi. "Kita siap berikan pengaman ketat pada Pilkades Serentak 19 desa Kota Sungai Penuh," pungkasnya.

Penulis: hendri dede Editor: fifi Ikuti kami di Lagi Bermesraan Bareng Pria Lain di Kamar Hotel, PNS Asal Solo Digerebek Suaminya, yang Terjadi... Sumber: Tribun Jambi

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »