www.AlvinAdam.com

Berita 24 Jambi

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

FOTO: Kantor Bahasa Ajak Wartawan Jambi Populerkan Bahasa ...

Posted by On 04.47

FOTO: Kantor Bahasa Ajak Wartawan Jambi Populerkan Bahasa ...

FOTO: Kantor Bahasa Ajak Wartawan Jambi Populerkan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Jambi, Saiful Bahri Lubis, mengajak awak media di Jambi untuk mempopulerkan

FOTO: Kantor Bahasa Ajak Wartawan Jambi Populerkan Bahasa Indonesia yang Baik dan BenarTRIBUNJAMBI/EKO PRASETYOKepala Kantor Bahasa Provinsi Jambi, Saiful Bahri Lubis, mengajak awak media di Jambi untuk mempopulerkan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dalam pemberitaan, bertempat di aula Kantor Bahasa Provinsi Jambi, Rabu (13/12/2017).

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Eko Prasetyo

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Kepala Kantor Bahasa Provinsi Jambi, Saiful Bahri Lubis, mengajak awak media di Jambi untuk mempopulerkan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dalam pemberitaan.

Bertempat di aula Kantor Bahasa Provinsi Jambi, Rabu (13/12), Saiful menjelaskan, di era digital saat ini, kecepatan dalam penyampaian suatu informasi sangat dibutuhkan.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Jambi, Saiful Bahri Lubis, mengajak awak media di Jambi untuk mempopulerkan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dalam pemberitaan, bertempat di aula Kantor Bahasa Provinsi Jambi, Rabu (13/12/2017).
Kepala Kantor Bahasa Provinsi Jambi, Saiful Bahri Lubis, mengajak awak media di Jambi untuk mempopulerkan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dalam pemberitaan, bertempat di aula Kantor Bahasa Provinsi Jambi, Rabu (13/12/2017). (TRIBUNJAMBI/EKO PRASETYO)

Hanya saja, kecepatan informasi yang sampai di masyarakat sering tidak dibarengi dengan penulisan yang benar dan penggunaan bahasa Indonesia yang tepat.

"Tidak bermaksud untuk menghakimi para jurnalis, di sini kami hanya mengarahkan penulisan dan penggunaan bahasa yang tepat," jelasnya.

Misalkan saja dengan masih banyaknya penggunaan bahasa asing, serta penggunaan tanda baca yang tidak tepat.

Dalam pertemuan itu, Kantor Bahasa Provinsi Jambi menyampaikan kajian mereka terhadap 30 media di Provinsi Jambi, baik cetak maupun daring.

Dari 30 media tersebut, Kantor Bahasa Provinsi Jambi masih menemukan kesalahan penulisan dan tidak tepatnya menggunakan bahasa Indonesia.

Sebagai contoh, dalam penggunaan bahasa asing seperti kata 'launching' sering digunakan dalam pemberitaan,

Kata itu dapat diubah ke bahasa Indonesia menjadi 'diluncurkan'.

Berikut penggunaan kata dalam bahasa asing bisa diubah ke Indonesia.

Flashdisk menjadi diska lepas, Automated Teller Machine (ATM) menjadi Anjung an Tunai Mandiri (ATM), Mass Rapid Transit (MRT) menjadi Moda Raya Terpadu atau Angkutan Cepat Terpadu.

Banyak kata lainnya yang telah dikembangkan oleh Kantor Bahasa dalam penggunaannya pada bahasa Indonesia. (*)

Penulis: ekoprasetyo Editor: nani Sumber: Tribun Jambi Ikuti kami di Gadis 12 Tahun Melahirkan Diam-diam lalu Simpan Bayi di Almari, Identitas Ayah Bayi Bikin Syok Sumber: Google News | Berita 24 Jambi

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »