www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

ISEI Kunjungi Kelompok Tani Binaan APP Sinar Mas di Jambi

Posted by On 03.07

ISEI Kunjungi Kelompok Tani Binaan APP Sinar Mas di Jambi

ISEI Kunjungi Kelompok Tani Binaan APP Sinar Mas di Jambi

Ketua Umum ISEI Muliaman Hadad mengatakan, program DMPA merupakan salah satu upaya terobosan dalam semangat pembangunan kolaborasi.

ISEI Kunjungi Kelompok Tani Binaan APP Sinar Mas di JambiIst/Tribunnews.com

TRIBUNNEWS.COM, JAMBI - Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) mengunjungi petani binaan program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) unit forestry Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, PT Wira Karya Sakti (WKS) di Desa Dataran Kempas, Tebing Tinggi, Kabupaten Tanjung Jabur Barat, Senin (11/12/2017).

Kunjungan tersebut dihadiri Bupati Tanjung Jabur Barat Safrial, Ketua Umum ISEI Muliaman Hadad, Ketua ISEI Jaka rta Halim Alamsyah, Sekretaris Jendral ISEI Aviliani, dan para anggota ISEI.

Ketua Umum ISEI Muliaman Hadad mengatakan, program DMPA merupakan salah satu upaya terobosan dalam semangat pembangunan kolaborasi.

"APP Sinar Mas bekerjasama dengan masyarakat sekitar konsesinya, tidak hanya membangkitkan nilai ekonomi, tapi sekaligus memberdayakan masyarakat dan menjadi model yang sangat baik," katanya menambahkan.

Di penghujung tahun 2015, Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas memperkenalkan program Desa Makmur Peduli Api (DMPA), yang merupakan penyempurnaan dari berbagai program pemberdayaan masyarakat yang telah dilakukan sebelumnya.

Program DMPA merupakan gerakan terintegrasi dalam memberdayakan masyarakat di wilayah konsesi dan sekitar konsesi APP beserta mitra pemasoknya untuk mengembangkan mata pencaharian sehari-hari.

Landasan utama dalam upaya pemberdayaan masyarakat ini adalah dengan memanfaatkan bidang agroforestri (wanatani).

Direktur APP Sinar Mas, Suhendra Wiriadinata mengatakan konsep DMPA adalah pemberdayaan masyarakat yang dikombinasikan dengan upaya pelestarian lingkungan sekitar.

Masyarakat diarahkan bercocok tanam hortikultura (sayur mayur, buah-buahan), tanaman pangan, peternakan, perikanan, dan olahan makanan untuk konsumsi sendiri atau dijual. APP memfasilitasi dari hulu ke hilirnya, mulai penyediaan alat, benih, pendampingan, hingga membantu memasarkan produk.

Mulai dari pengembangan pupuk kompos, budidaya nila, pembiakan domba, budidaya jahe merah hingga program pengembangan tanaman hortikultura di Desa Dataran Kempas saat ini telah dikembangkan masyarakat desa setempat melalui berbagai kelompok tani.

Halaman selanjutnya 12
Editor: Hasanudin Aco Ikuti kami di Bermesraan di Ranjang dengan Suami Ora ng, Wanita Ini Kirimkan Videonya ke Istri Sah yang Hamil Sumber: Google News | Berita 24 Jambi

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »