www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Mengenal Praktik Merun yang Jadi Kearifan Lokal di Jambi ...

Posted by On 13.33

Mengenal Praktik Merun yang Jadi Kearifan Lokal di Jambi ...

Mengenal Praktik Merun yang Jadi Kearifan Lokal di Jambi, "Membakar Lahan Bersama-sama"

Praktik merun ternyata merupakan satu di antara kearifan lokal meski prakteknya tidak lagi dilakukan secara umum.

Mengenal Praktik Merun yang Jadi Kearifan Lokal di Jambi, TRIBUN JAMBI/NURLAILISKomunitas Konservasi Indonesia Warsi (KKI Warsi) menyelenggarakan talkshop "Memahami Tradisi Pengelolaan Lahan dengan Praktik Merun", Senin (18/12/2017).

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Nurlailis

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Komunitas Konservasi Indonesia Warsi (KKI Warsi) menyelenggarakan talkshop "Memahami Tradisi Pengelolaan Lahan dengan Praktik Merun", Senin (18/12).

Adapun merun merupakan sistem pengelolaan lahan secara tradisional dengan membakar.

Dalam sebuah simpulan, Kurniawan menyampaikan praktik merun ternyata merupakan satu di antara kearifan lokal meski prakteknya tidak lagi dilakukan secara umum.

"Praktek merun dilakukan bersama-sama, lokasi dan waktu juga ditentukan, bisa ditentukan musim, atau kesibukan masyarakat lokal. Sayangnya merun jadi hal yang digeneralisir," ucapnya.

Praktik membakar merun di luar tipologi penggunaan lahan ladang atau sawah memicu kebakaran serius mengingat ekosistem dan iklim sudah berubah, tidak bisa menjadi acuan.

Adapun rekomendasi merun yang paling aman adalah merun di sawah sedangkan merun yang paling beresiko adalah membuka hutan.

Acara bertempat di rumah Kito hotel dan Resort, Senin (18/12).

Talkshop ini dirancang dalam bentuk dialog interaktif sehingga semua peserta adalah narasumber.

Adapun peserta yang hadir beberapa di antaranya adalah dari dinas kehutanan, dinas perkebunan, Walhi Jambi, dan perwakilan dari beberapa masyarakat kabupaten Tanjabtim, Tanjabar, Muarojambi, Tebo, Sarolangun. (Cul)

Penulis: Nurlailis Editor: nani Sumber: Tribun Jambi Ikuti kami di Bikin Terkecoh! Wanita Cantik Ini Dikira Karakter Animasi, Ternyata Manusia Asli Sumber: Google News | Berita 24 Jambi

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »