www.AlvinAdam.com
Kirim Berita Jambi: Klik Disini | Konfirmasi Berita Jambi: Klik Disini

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Bank Indonesia: Awas Peredaran Uang Palsu saat Pilkada

Posted by On 21.02

Bank Indonesia: Awas Peredaran Uang Palsu saat Pilkada

Bank Indonesia: Awas Peredaran Uang Palsu saat Pilkada

"Masyarakat maupun lembaga keuangan kami himbau untuk mewaspadai orang tak bertanggung jawab memanfaatkan momen"

Bank Indonesia: Awas Peredaran Uang Palsu saat PilkadaTribun JambiUang palsu.

TRIBUNJAMBI.COM - Bank Indonesia ( BI) kantor wilayah Jawa Tengah (Jateng) memperingatkan perbankan dan industri keuangan untuk berhati-hati soal kemungkinan beredarnya uang palsu pada Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada) serentak 2018.

BI minta agar semua lembaga keuangan untuk waspada. Hal itu disampaikan Kepala Bank Indonesia Perwakilan Jawa Tengah Hamid Ponco Wibowo di Semarang, Jumat (19/1/2018).

Ponco mengatakan, penemuan yang pa lsu sepanjang 2017 memang lebih rendah dibanding tahun 2016. Pada 2017, temuan uang palsu sebanyak 21.628 lembar.

Penemuan tersebut lebih banyak berasal dari klarifikasi dari perbankan ke Bank Indonesia sebesar 95,24 persen.

"Hal tersebut mengindikasikan bahwa pegawai perbankan dan masyarakat mengenali ciri keaslian uang," kata Ponco.

Ponco juga mengingatkan untuk perbankan waspada di tahun politik. Sebab, Jateng akan menggelar Pilkada bersamaan dengan 7 kabupaten dan kota. Oleh karenaya, BI memprediksi akan terjadi peningkatan pada jumlah penukaran atau pencairan uang.

"Masyarakat maupun lembaga keuangan kami himbau untuk mewaspadai orang tak bertanggung jawab memanfaatkan momen ini dengan menyelipkan uang palsu," tambahnya.

Meski diprediksi penukaran meningkat, BI memprediksi kenaikan tidak terlalu signifikan seperti haknya Hari Raya Idul Fitri maupun hari besar keagamaan lain.

"Paling-paling cuma penukaran atau pe ncairan uang aja, dari Rp 20.000 dan Rp 50.000," tambahnya. (Kontributor Semarang, Nazar Nurdin)

Berita ini telah tayang di kompas.com dengan judul BI: Uang Palsu Rawan Beredar Saat Pilkada Serentak 2018

Editor: duanto Sumber: Kompas.com Ikuti kami di Pergoki Suami dan Selingkuhan, Reaksi Istri Sabar dan Lemah Lembut Bikin Keduanya tak Berkutik Sumber: Google News | Berita 24 Jambi

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »