www.AlvinAdam.com

Berita 24 Jambi

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Belanda Teliti Perang Kemerdekaan Indonesia, Ada Niat Apa ...

Posted by On 17.00

Belanda Teliti Perang Kemerdekaan Indonesia, Ada Niat Apa ...

Belanda Teliti Perang Kemerdekaan Indonesia, Ada Niat Apa Dibalik Itu?

Pemerintah Belanda dikabarkan telah membiayai sebuah riset besar-besaran untuk meneliti kekerasan yang terjadi dalam

Belanda Teliti Perang Kemerdekaan Indonesia, Ada Niat Apa Dibalik Itu?Relief pembantaian yang dilakukan militer Belanda antara 1945-1949 di Indonesia. Salah satunya terjadi di Rawagede, Bekasi, Jawa Barat.(AFP)

TRIBUNJAMBI.COM - Pemerintah Belanda dikabarkan telah membiayai sebuah riset besar-besaran untuk meneliti kekerasan yang terjadi dalam perang kemerdekaan Indonesia antara 1945-1950.

Namun, upaya ini dikhawatirkan merupakan langkah Belanda yang berusaha "mencuci tangan&q uot; di saat menghadapi tuntutan hukum terkait kejahatan perang di masa yang sama.

Baca: Berpenghasilan Rp 1,8 Miliar, Pasangan Suami Istri Ini Tega Rantai 13 Anaknya di Tempat Tidur

Pada September tahun lalu, tiga institusi Belanda memulai program riset selama empat tahun bertajuk "Dekolonisasi, Kekerasan, dan Perang di Indonesia 1945-1950".

Tujuan riset ini adalah menelitik kondisi dan tingkat kekerasan dalam konflik di masa operasi militer Belanda di Indonesia.

Baca: Jika Israel Lakukan Ini, Palestina Bakal Akui Keberadaan Israel

Riset ini dilakukan Institut Studi Karibia dan Asia Tenggara (KITLV), Institut Sejarah Militer Belanda (NIMH), dan Institut Studi Perang, Holocaust, dan Genosida (NIOD).

Riset panjang ini dijadwalkan berlangsung hingga September 2021.

Meskipun riset ini juga melibatkan para sejarawan Indonesia tetapi tetap muncul pertanyaan terkait independensi dan latar belakang politik riset ini.

Baca: Sewa Fotografer untuk Membuat Foto Keluarga, Hasilnya Malah Menyeramkan Begini

Halaman selanjutnya 1234
Editor: suci Sumber: Kompas.com Ikuti kami di Aksi Berani Pria Gondrong Kembalikan Sampah yang Dibuang Sembarangan oleh Penumpang Mobil Polisi Sumber: Google News | Berita 24 Jambi

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »