www.AlvinAdam.com

Berita 24 Jambi

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Bank Indonesia Khawatirkan Harga Tiket Pesawat Pengaruhi Inflasi

Posted by On 10.27

Bank Indonesia Khawatirkan Harga Tiket Pesawat Pengaruhi Inflasi

Bank Indonesia Khawatirkan Harga Tiket Pesawat Pengaruhi Inflasi

Secara keseluruhan BI memroyeksikan inflasi pada bulan Juni tidak terlalu besar. Inflasi tahun lalu juga cukup rendah.

Bank Indonesia Khawatirkan Harga Tiket Pesawat Pengaruhi InflasiTribun JambiPenerbangan di Bandara Sultan Thaha Jambi.

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Fitri Amalia

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Harga tiket pesawat bisa memengaruhi inflasi ke depan. Itu lantaran pergerakan harga tiket pesawat cukup signifikan, walaupun harga sempat menurun.

"Kami masih khawatir tiket pesawat karena pergerakannya cukup signifikan, walaupun sempat turun, kami prediksi mendekati hari libur d an cuti bersama itu pasti mengalami kenaikan yang cukup tinggi," ujar Bayu Martanto, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cabang Jambi, Jumat 25/5).

Tetapi, dia mengatakan karena posisi Idul Fitri di pertengahan bulan, sehingga mendekati akhir bulan, harga tiket pesawat mengalami penurunan.

Secara keseluruhan BI memroyeksikan inflasi pada bulan Juni tidak terlalu besar. Inflasi tahun lalu juga cukup rendah.

"Tapi mendekati hari raya ini, seperti daging, daging ayam, perlu mendapat perhatian. walaupun Minggu ini sementara harga sudah mulai turun, tapi kita harus tetap waspada," tuturnya.

Beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian khusus saat mendekati hari raya dikatakannya, seperti daging. Meski pada minggu ini harga sudah turun namun tetap harus waspada.

Baca: Ponpes Al Hidayah, Pesantren Tertua di Sarolangun yang Santrinya tak Lagi Banyak Mondok

Baca: Tribun Jambi Buka Puasa Bersama dan Beri Sa ntunan Anak Panti Asuhan

Baca: Pembangunan Duplikat Jembatan Batang Bungo Dimulai, Begini Kata Mashuri

"Antisipasinya dengan pasokan daging beku, pihak terkait juga diharapkan dapat menyediakan freezer, s hari raya harga daging sapi dan ayam memang cukup diperhatikan salah satunya dengan menambah pasokan daging beku, bahkan dipasar murah item daging ayam sudah dimasukan karena ini penting sekali," jelasnya.

BI juga mengajukan usul diadakan pertemuan dengan KPPU untuk mencegah adanya kemungkinan pengaturan harga atau persaingan tidak sempurna, baik produsen maupun pedagang karena memegang stok mereka memainkan harga mendekati oligopoli atau monopoli.

"Semestinya kan pasar itu persaingan sempurna, harga ditentukan pembeli atau penjual, nah karena kekuatan penjual atau produsen kadang mereka bisa mengatur hargai, ini yang menjadi kewenangan KPPU, jika pedagang atau produsen melanggar AET atau melakukan penimbunan itu penanganan satgas pangan. KPPU menangani persaingan tidak sehat mereka yang berwenang dan mereka bisa bertindak jika ada harga harga tidak wajar yang indikasinya ada permainan oleh pelaku usaha," ujarnya.

Baca: Pacak Jugo Jadi Bintang Duo, Kapolri Berseloroh ke Muchlis AS saat di Mapolda Jambi

Penulis: fitri Editor: duanto Sumber: Tribun Jambi Ikuti kami di Siswa SD Buat Siswi SMP di Tulungagung Mengandung hingga Usia 6 Bulan, Begini Keputusan Keluarga Sumber: Google News | Berita 24 Jambi

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »