www.AlvinAdam.com
Kirim Berita Jambi: Klik Disini | Konfirmasi Berita Jambi: Klik Disini

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Pertumbuhan Investasi Meningkat Termasuk Jambi

Posted by On 01.01

Pertumbuhan Investasi Meningkat Termasuk Jambi

Pertumbuhan Investasi Meningkat Termasuk Jambi

Pertumbuhan meningkat di seluruh koridor ekonomi realisasi investasi. Berdasarkan lokasi proyek, terbesar adalah DKI Jakarta sebesar

Pertumbuhan Investasi Meningkat Termasuk JambiTRIBUN JAMBI/FITRI AMALIA

Laporan Wartawan Tribunjambi.com, Fitri Amalia

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pertumbuhan meningkat di seluruh koridor ekonomi realisasi investasi. Berdasarkan lokasi proyek, terbesar adalah DKI Jakarta sebesar 15,7 persen disusul Jawa Barat 15,5 persen, Jawa Timur, Banten dan Jawa Tengah.

Dikatakan Bayu Martanto, Kepala Bank Indonesia Jambi, saat memberi materi Koordinasi dan Sosialisasi Kegiatan Penyusunan Disagregasi PMTB, Selasa (8/5), pertumbuhan inves tasi juga tercermin dari data makro ekonomi di tingkat regional termasuk Provinsi Jambi.

Realisasi investasi PMDN di Provinsi Jambi selama tahun 2017 tercatat Rp 2,97 triliun lebih rendah dibandingkan tahun 2016 sebesar Rp3,88 triliun atau mengalami penurunan 23,52 persen (yoy).

"Tapi penurunan tersebut dapat diimbangi oleh realisasi investasi Penanaman Modal Asing yang meningkat dari USD 61,02 juta Pada tahun 2016 menjadi USD 76,74 juta di tahun 2017, naik 25, 78 persen (yoy)," jelasnya.

Menurut data Badan Pusat Statistik, pertumbuhan masih berlanjut pada triwulan I 2018. Realisasi investasi pembentukan modal tetap domestik bruto (PMTDB) tercatat tumbuh 7,03 persen pada triwulan I 2018. Berdasarkan struktur perekonomian Provinsi Jambi, PMTDB memberikan kontribusi sebesar 21,68 persen dan termasuk kelompok pengeluaran yang memberikan andil terbesar bagi Provinsi Jambi setelah konsumsi rumah tangga dan ekspor.

"Ini menunjukkan masih kuatnya kepercayaan investor," tuturnya.

Dikatakannya, untuk mendorong pertumbuhan investasi yang berkelanjutan, diperlukan upaya untuk menjaga kepercayaan investor dengan melakukan reformasi pelayanan dan iklim investasi, serta menyediakan data informasi makroekonomi daerah yang akurat dan kredibel sebagai referensi bagi calon investor.

Ia juga menyampaikan, Lembaga pemeringkat internasional mengafirmasi peringkat Indonesia pada level layak investasi atau investment grade. penilaian lembaga pemeringkat didasarkan pada beban utang pemerintah yang rendah, prospek pertumbuhan ekonomi yang membaik, eksposur pemerintah yang terbatas pada sektor perbankan, penurunan pertumbuhan utang luar negeri korporasi, kredibilitas asumsi pertumbuhan ekonomi dan reformasi struktural dalam memperbaiki iklim usaha.

"Kredibilitas data ekonomi termasuk pencapaian investasi outlooknya ke depan."

Dalam tiga tahun terakhir, peringkat kemudahan usaha di Indonesia mengalami kenaikan signifikasi. Peningkatan peringkat didukung adanya pembenahan yang dilakukan Indonesia terhadap sejumlah faktor yang disurvei.

Kenaikan peringkat Indonesia secara global mampu mendorong realisasi pertumbuhan investasi. Menurut data UNCTAD pada bulan Juni 2017, Indonesia berada di peringkat empat untuk tujuan utama investasi Dunia tahun 2016 sampai tahun 2018. India di peringkat tiga, Tiongkok di peringkat dua dan Amerika Serikat di peringkat satu.

Realisasi investasi sepanjang 2017 mencapai 692,8 triliun atau melampaui target pemerintah sebesar 678,8 triliun realisasi investasi terbesar berdasarkan sektor usaha adalah listrik gas dan air sebesar 11,8 persen.

Realisasi investasi sebagian besar disumbangkan oleh PMA yang mencapai Rp430,5 triliun atau 62 persen dari total investasi tahun 2017. Investasi PMA berdasarkan negara asal terbesar adalah Singapura sebesar 26,2 persen, disusul Jepang, Tiongkok, Hongkong dan Korea Selatan.

Penulis: fitri Editor: fifi Ikuti kami di Gadis Dibakar Pacar Hidup-hidup di Medan, Sempat Berlarian Minta Tolong dengan Tubuh Terbakar Sumber: Google News | Berita 24 Jambi

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »