www.AlvinAdam.com
Kirim Berita Jambi: Klik Disini | Konfirmasi Berita Jambi: Klik Disini

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Walhi Jambi Lantang Tolak Batu Bara, Ini yang Menjadi Tuntutan!

Posted by On 01.01

Walhi Jambi Lantang Tolak Batu Bara, Ini yang Menjadi Tuntutan!

Walhi Jambi Lantang Tolak Batu Bara, Ini yang Menjadi Tuntutan!

Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Jambi, melakukan aksi kampanye penolakan terhadap tambang batubara. Aksi tersebut

Walhi Jambi Lantang Tolak Batu Bara, Ini yang Menjadi Tuntutan!TRIBUN JAMBI/MAREZA SUTAN AJ

Laporan wartawan Tribun Jambi, Mareza Sutan A J

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Jambi, melakukan aksi kampanye penolakan terhadap tambang batubara. Aksi tersebut melibatkan komponen Eksekutif Daerah Walhi Jambi, Selasa (8/5/18).

Kampanye penolakan batu bara tersebut berlangsung di Pedestrian Gentala Arsy. Aksi tersebut pun terlihat sangat menarik, dengan cara membentang po ster dan menggunakan masker yang berbagai tanda pagar (hastag). Hastag yang digunakan antara lain,

#TOLAKBATUBARA #STOPBATUBARA #MORATORIUMBATUBARA.

Sontak, hal ini pun menyedot perhatian masyarakat, karena dilakukan di tempat yang menjadi icon Provinsi Jambi.

“Aksi poster ini juga salah satu bentuk responsif WALHI Jambi terhadap pertemuan Coal Trans, di Nusa Dua, Bali, yang diselenggarakan mulai dari tanggal 7 hingga 9 Mei 2018 ini. Coal Trans adalah pertemuan reguler para pebisnis batubara di seluruh dunia, yang bertujuan untuk terus melanggengkan penggunaan batubara di dunia. Pertemuan ini dinilai akan melahirkan upaya untuk terus melakukan eksploitasi terhadap sumber energy tak terbaharukan di Indonesia, yakni batubara,” kata Kepala Divisi Kampanye dan Penguatan Jaringan Eksekutif Daerah WALHI Jambi, Abdullah.

Menurut Asosiasi Energi Internasional (IEA), Negara di Asia Tenggara termasuk Indonesia bakal menggunakan batu bara sebagai Pembangkit Ten aga Listrik sebanyak tiga kali lipat dari jumlah penggunaan saat ini dalam 20 Tahun mendatang. Data tersebut berhasil dihimpun WALHI Jambi dari berbagai sumber.

Dia menambahkan, di Provinsi Jambi sendiri, sudah dibuka sebanyak 449 izin usaha pertambangan dalam periode sampai tahun 2010. Luas lokasi pertambangan tersebut sekitar 727.844 hektare. Seluas sekitar 349.905 hektare atau 233 izin, terletak di kawasan-kawasan hutan lindung dan hutan produksi. Sementara itu, sebanyak 105 izin usaha yang meliputi luas sekitar 7.388 hektare telah mengantongi izin eksploitasi.

Ditambahkannya, menurut data Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jambi, ada 386 perusahaan tambang batu bara yang tersebar di Provinsi Jambi, dan hanya 90 perusahaan yang memiliki izin lengkap.

Aktivitas pertambangan Provinsi Jambi menjadi penyumbang terbesar kerusakan sistem ekologis wilayah hilir maupun di wilayah pertambangan. Selain itu, hal tersebut juga menyebabkan tercemarnya air Sunga i Batanghari.

Halaman selanjutnya 12
Penulis: Mareza Editor: fifi Ikuti kami di Gadis Dibakar Pacar Hidup-hidup di Medan, Sempat Berlarian Minta Tolong dengan Tubuh Terbakar Sumber: Google News | Berita 24 Jambi

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »