www.AlvinAdam.com

Berita 24 Jambi

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

S&P Pertahankan Rating Indonesia, Dana Asing Diprediksi Masuk ...

Posted by On 05.22

S&P Pertahankan Rating Indonesia, Dana Asing Diprediksi Masuk ...

Investasi

S&P Pertahankan Rating Indonesia, Dana Asing Diprediksi Masuk Kembali

Kabar baik kembali menghampiri ekonomi Indonesia, meski belakangan menghadapi banyak tekanan eksternal. Kabar baik

S&P Pertahankan Rating Indonesia, Dana Asing Diprediksi Masuk KembaliDaily News Egypt

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Kabar baik kembali menghampiri ekonomi Indonesia, meski belakangan menghadapi banyak tekanan eksternal. Kabar baik itu datang dari lembaga pemeringkat internasional: Standard & Poor's (S&P).

S&P mempertahankan sovereign credit rating Indonesia di BBB-/A-3 dengan outlook stabil, Kamis (31/5). Ini melengkapi kepercayaan lem baga rating utang internasional atas prospek perekonomian Indonesia.

Sebelumnya, 13 April 2018, Moodys Investor Service juga menaikkan rating utang domestik dan luar negeri RI menjadi Baa2 dengan outlook stabil dari sebelumnya Baa3 dengan outlook positif.

Baca: WNI Paling Banyak Menghabiskan Uang saat Wisata ke Israel/Palestina. Ini Produk Paling Digandrungi

Japan Rating Credit (JRC) Agency juga mengerek Sovereign Credit Rating (SCR) Republik Indonesia dari BBB-/Outlook Positif menjadi BBB/Outlook Stabil pada 8 Februari 2018. Sedang Fitch Ratings telah menaikkan peringkat utang Indonesia dari BBB- menjadi BBB dengan outlook stabil pada Desember 2017.

S&P mengerek rating utang Indonesia ke level investment grade pada 19 Mei 2017. Kini, S&P mempertahankan rating itu karena terjadinya recovery harga komoditas. Tapi, sebagai eksportir komoditas, Indonesia rentan terjadinya shock eksternal, bersumber dari harga komoditas.

Pert umbuhan ekonomi Indonesia 3 tahun hingga 4 tahun ke depan diproyeksi naik, terdorong proyek infrastruktur. Di sisi lain, beban utang pemerintah masih relatif rendah serta kinerja fiskal dan tingkat utang luar negeri yang moderat. Rasio utang pemerintah terhadap PDB dalam beberapa tahun ke depan diproyeksikan stabil. Ini mencerminkan proyeksi keseimbangan fiskal yang juga relatif stabil.

Baca: Diduga Terpapar Ideologi Teroris - Bripkas NL Ikut Pengajian Sejak 2012

Baca: Jangan Pernah Mencoba! Inilah yang Terjadi pada Tubuh Orang yang Gantung Diri

Total utang luar negeri Indonesia per Maret 2018 mencapai US$ 358,73 miliar, naik 8,69% dibanding setahun sebelumnya. Namun rasio utang terhadap PBD naik tipis 34,42% menjadi 34,77%.

"Keputusan S&P adalah cerminan kondisi fundamental ekonomi Indonesia yang baik dan kerangka bauran kebijakan yang kredibel," tandas Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo dalam keteranga n tertulis, Kamis (31/5).

Ekonom Bank Permata Josua Pardede meyakini kabar S&P ini akan meningkatkan minat investor asing ke Indonesia. Investor asing yang belakangan ini keluar dari pasar modal diperkirakan masuk kembali.

Hingga 31 Mei 2018, dana investor asing keluar dari pasar modal sebesar Rp 466,04 miliar.

Baca: Praktik Fee Proyek di Jambi - Fachori Umar: Lapor pada Saya, akan Ditindak Tegas

Baca: Pasar Senggol Jamtos - Dari Permainan Hingga Jajanan Kekinian

Baca: Sani - Izi Buka Bersama Paguyuban Wisnu Murti

Editor: fifi Sumber: Kontan Ikuti kami di Dibunuh di Gereja dan Ditemukan Bercak Sperma, Begini Cara Pendeta Henderson Bunuh Anak Angkatnya Sumb er: Google News | Berita 24 Jambi

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »