www.AlvinAdam.com

Berita 24 Jambi

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Semua Mata Tertuju pada Delegasi AISEP Indonesia di India

Posted by On 04.58

Semua Mata Tertuju pada Delegasi AISEP Indonesia di India

Semua Mata Tertuju pada Delegasi AISEP Indonesia di India

"Indonesia sangat baik dari segi kostum keseharian. Sehingga semua mata tertuju pada Indonesia," kata Risca Cosasi.

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Nurlailis

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - ASEAN-India Student Exchange Program (AISEP) merupakan salah satu Program Pertukaran Pemuda Antar Negara yang dilakukan oleh negara anggota ASEAN dan India.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Indonesia, Kementerian Luar Negeri India dan Confederation of Indian Industry (CII).

Satu diantara pemudi Jambi baru saja menyelesaikan program AISEP ini adalah Risca Cosasi, yang termasuk dalam 25 delegasi Indonesia dari 23 Provinsi.

"Sebenarnya AISEP itu baru saja berlangsung pada Ja nuari, namun tahun ini diadakan fase kedua. Pertukaran pemuda yang ini berbeda karena sifatnya kunjungan industri yang ada di India. Contohnya ke bursa efek India," ceritanya kepada tribunjambi.com

Selain Indonesia ada 9 negara lain yang juga berkunjung ke sana dan dibagi dua kelompok. Sehingga setiap kunjungan belum tentu sama dengan kelompok lainnya. Saat di New Delhi baru digabung 10 negara.

Selain kunjungan industri ada art culture performance dari 10 negara. Indonesia menyiapkan 3 tarian dan paduan suara. Diantaranya tariannya zapin kreasi, tari kreasi bali, dan tari kreasi dari timur.

"Selama program yang membedakan Indonesia dengan negara lainnya itu dari segi persiapan. Indonesia sangat baik dari segi kostum keseharian. Sehingga semua mata tertuju pada Indonesia dan mendapatkan komentar baik," ungkapnya.

Kunjungan ke industri terbesar yang ada di India pun dilakukan untuk melihat proses persiapan satu produk dari awal hingga akhir. Adapula kunjungan ke universitas dan komunitas yang ada di sana.

"Disana itu jurusan universitasnya lebih ke manajemen karena mayoritas disana itu industri sehingga program yang tersedia mengarah kesana. Sedang untuk jurusan pendidikan itu kurang," ucapnya.

Beberapa daerah yang dikunjungi di antaranya Mumbai, Puna, New Delhi dan Agra. Ditempat tersebut ia melihat bagaimana padatnya penduduk di Mumbai, bagaimana pasar tradisionalnya dan tempat wisatanya seperti Taj Mahal.

Program ini berlangsung selama 11 hari mulai dari 1 - 11 Mei. Sebelumnya telah diadakan malam keakraban untuk persiapan keberangkatan pada 25-31 April.

Program ini terbilang mendadak sehingga tidak ada persiapan keberangkatan seperti program pertukaran pemuda pada umumnya. Meski begitu menurutnya ada banyak hal berkesan selama program berlangsung.

"Yang paling berkesan itu saat malam keakraban kami satu persatu mencium bendera dengan diiringi lagu tanah airku," ujarnya.

Penulis: Nurlailis Editor: Teguh Suprayitno Sumber: Tribun Jambi Ikuti kami di Ditolak, Pemuda Nekat Bunuh Diri Usai Tembak Mantan Pacarnya hingga Tewas, Aksinya Terekam CCTV Sumber: Google News | Berita 24 Jambi

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »