www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Setelah 10 Tahun, Akhirnya Pakaian Adat Jambi Resmi Dipatenkan

Posted by On 17.11

Setelah 10 Tahun, Akhirnya Pakaian Adat Jambi Resmi Dipatenkan

Setelah 10 Tahun, Akhirnya Pakaian Adat Jambi Resmi Dipatenkan

"Kita masih sering melihat bawahannya pakaian adat Kota Jambi tapi atasannya pakaian adat Minang.

Setelah 10 Tahun, Akhirnya Pakaian Adat Jambi Resmi DipatenkanTribunjambi/rohmayanaPakaian adat Jambi, resmi dipatenkan

Laporan wartawan Tribun Jambi, Rohmayana

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI- Para perias pengantin di Kota Jambi, sudah lama menunggu momentum pembakuan terhadap pakaian adat Kota Jambi, khususnya pakaian adat pengantin. Pembakuan terhadap pakaian adat tersebut setidaknya memakan waktu hingga 10 tahun.

"Alhamdulillah hari ini merupakan hari bersejarah, karena kita telah mulai untuk melakukan pembakuan hak paten terhadap tata rias pengantian adat melayu Kota Jambi," kata Ketua DPD Himpunan Ahli Rias Penganten Indonesia (Harpi) Melati Provinsi Jambi, Mastura, Senin, (25/6).

Lamanya proses persiapan untuk melakukan pembakuan hak paten, terhadap tata rias pengantin adat Melayu Kota Jambi kata dia, dikarenakan adanya pengumpulan data serta dokumen-dokumen yang mendukung.

"Kami juga merangkum sejarah dari pakaian adat Melayu Kota Jambi itu sendiri," tuturnya.

PAKAIAN ADAT JAMBI
Pakaian adat Jambi, resmi dipatenkan

Pihaknya kata Mastura, sudah 10 tahun memperjuangkan hak paten tata rias pengantin adat Melayu Kota Jambi tersebut baik melalui pemerintah Provinsi Jambi maupun pemerintah Kota Jambi namun baru terlaksana.

"Yang melatarbelakangi di setiap event kejuaraan baik di tingkat nasional m aupun tingkat provinsi kita tidak pernah menang, karena belum diakui dan dipatenkan. Oleh dasar itulah sehingga kami tergerak," jelasnya.

Dirinya berharap dengan adanya hak paten tersebut nantinya budaya tersebut dapat terus dilestarikan dan tidak diklaim oleh orang lain. Selain itu juga tidak terjadi kesalahan di tengah masyarakat saat mengenakan pakaian adat Kota Jambi.

"Kita masih sering melihat bawahannya pakaian adat Kota Jambi tapi atasannya pakaian adat Minang. Setelah ada pembakuan ini kita harapkan hal itu tidak terjadi lagi," sebut Mastura.

Sementara itu Sekretaris DaeraKita masih Kota Jambi Budidaya, mengatakan bahwa pakaian adat Melayu merupakan salah satu budaya yang harus terus dilestarikan. Dia berharap dengan adanya pembakuan hak paten, budaya tersebut nantinya dapat menjadi ciri khas atau identitas dari Kota Jambi sehingga tidak diklaim oleh daerah lain.

"Ini adalah salah satu upaya pemerintah bersama dengan para buday awan untuk melestarikan kebudayaan dari Kota Jambi. Sehingga nantinya dapat terus diwariskan dan tetap dijalankan sebagaimana mestinya," katanya.

Baca: Ayo Dicek Pendaftaran CPNS 2018 Provinsi Jambi, Segini Jumlah Kuota & Tenaga yang Banyak Dibutuhkan

Budidaya berharap dengan adanya pembakuan hak paten tersebut nantinya dapat berdampak positif terhadap pembangunan di Kota Jambi. Selain itu juga nantinya diharapkan adanya pembakuan hak paten terhadap kebudayaan yang lainnya.

"Ini kan baru untuk pengantin, untuk selanjutnya mungkin nanti bisa dipikirkan lagi apa yang harus dipatenkan, dan itu jadi ciri khas dari kota Jambi," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Jambi Rintang Aprianto mengatakan bahwa targetnya dalam waktu dekat ini hak paten terhadap tata rias pengantin adat Melayu Kota Jambi segera didapatkan. Mengingat seluruh data baik dari segi dokumen dan sejarah sudah disiapkan dengan b aik. (*)

Penulis: Rohmayana Editor: budi Ikuti kami di Perjuangan Wanita Hamil Selamat dari KM Sinar Bangun, Sempat Pegangan Tangan, Suami Belum Ditemukan Sumber: Berita Jambi

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »